Pengertian Kabel dan Tabel Size Wire Gauge (AWG)

 WIRE GAUGE



Di Negara Amerika Serikat, banyak dijumpai rangkaian listrik dan electronika di buat dengan ukuran tertentu dan ukuran panjang konduktor untuk menyediakan jalur-jalur untuk arus juga dibuat dengan ukuran tertentu pula. Size dari suatu kabel bisa menentukan berapa banyak arus yang dapat dialirkannya.

Untuk itu ukuran kabel dapat mengikuti standart yang berbeda-beda antara lain :

🔘 Berdasarkan standar yang disebut American Wire Gauge (AWG) umumnya cukup disebut dengan istilah "gauge" kabel.

Tabel Konversi dari AWG ke Matrik Bersama Nilai Resistansinya


Apabila hendak memperbaikkinatau mengganti rankaian kabel pada mesin atau panel, maka gunakanlah size dan panjang kabel yang tepat. Tabel di atas menunjukkan acuan besar resistansi yang dipakai untuk berbagai size konduktor.

Tabel Dimensi dan Resistansi Kabel Dalam Size AWG


Pada tabel diatas diasumsikan bahwa temperature sekitar maksimum adalah 150 ︒F (65︒C).

Catatan :
Anggap kabel PVC yang diisolasi adalah produk yang tahan panas sampai temperature 185 ︒F (85︒C).
Ketika menggunakan AWG, ingatlah bahwa nomor-nomor guge yang lebih kecil menunjukkan size kabel yang lebih besar dan nomor-nomor gauge yang lebih besar menunjukkan size yang lebih kecil.





Pengertian Kabel adalah penghantar yang digunakan pada rangkaian-rangkaian kelistrikan. Kabel juga umum disebut Lead. Umumnya kabel di bentuk dari helaian atau stranded yaitu kumpulan kawat-kawat kecil yang dililit bersama-sama menjadi satu.

Ada banyak jenis kabel yang digunakan dalam pada aplikasi otomotif, antara lain :

1. Tembaga 
Adalah jenis yang paling umum dipakai. kabel dari tembaga dapat berbentuk kabel tunggal dan juga ada yang terdiri dari helaian-helaian ( stranded ).

2. Fusible Link ( Sekering )
Merupakan komponen pelindung untuk rangkaian kelistrikan yang terbuat dari kawat, kawat yang digunakan lebih kecil dari rangkaian lainnya yang bertujuan untuk melindungi kabel dari beban yang berlebihan.

3. Twisted/Shield Cable 
Merupakan sepasang kabel kecil yang dililit bersama-sama agar dapat mengurangi interfensi gelombang radio dan electromatik. Jenis kabel ini banyak di jumpai pada rangkaian sinyal-sinyal komunikasi, komputer, modul-modul kontrol electronik dan komponen elektronik lainnya.



Komentar