Spesifikasi Transmisi Grader 825A-2 Komatsu

 TRANSMISION


🔑 SPESIFIKASI TRANSMISI

Pada unit grader 825A-2 menggunakan Planetary gear type dengan power shift type multiple disc clucth. Penggerak hydraulically actuated pada angged dan disangged pada clucth, kemudian pelumasannya menggunakan lubrication gear pump force feed. Karena menggunakan reduksi gaer tipe spiral bevel gear dan planetary gear 2 stage reduksi sehingga memiliki 8 speed maju dan 8 speed mundur.

Komponen yang include pada transmisi motor grader antara lain :

1. Hydraulic Pump

Menggunakan variable displacement swash plate pump tandem dengan type piston pump dan servo piston. Karena dilengkapi dengan adanya servo, pompa ini bisa mengontrol kebutuhan dischage oil flownya untuk work equpment dan steering circuit.

2. Transmision Pump
Menggunakan pompa type gear pump yang jumlah oil flownya tergantung pada tinggi-rendah putaran engine.

3. Transmisison Control Valve


Menggunakan 8 selenoid meliputi yaitu : speed 1,2,3,4, Low, High, F dan R.

4. PTO (Power Take Off)



Digukan sebagai tempat mounting pump hydraulic dan transimisi.

5. Parking Brake

Digunakan sebagai brake disaat unit parkir atau berhenti dalam waktu yang lama. Parking brake terdiri dari komponen Parking brake selenoid valve, Exhoust valve, Caliper dan Spring cylinder

6. Inching Valve

Digunakan untuk merelease main pressure pada system yang menuju kepiston clucth, sehingga piston tidak dapat menekan plate disc untuk men-anggedkan transmisi. Inching valve memungkinkan operator mengganti speed mesin pada saat posisi berjalan agar perpindahan gigi transmisi smooth. Pada city car, inching valve ibarat kopling untuk memutus atau menyalurkan putaran engine ke transmisi.

7. Engine Stop Motor
Adalah komponen electronic yang berfungsi menghidupkan dan mematikan engine dengan cara menutup dan membuka jalur fuel pada FIP. Bila engine tidak mau dimatikan ketika switch kontak Off maka ada kemungkinan masalah pada motor.

8. Transmision Speed Sensor
Berfungsi membaca kecepatan putar input transmisi dan dikonversikan dengan engine speed ke display monitor panel sebagai panduan operator, sehingga operator mengetahui kecepatan unit saat beroperasi.

🔑 SWL KOMPONEN PADA TRANSMISI 
  • Transmisi Assembly (dry) : Transmisi pada motor grader 825a-2 memiliki berat di 1.147 kg pada kondisi kering (dry).
  • Hydroulic Pump     : 106 kg.
  • Transmision Pump : 12 kg.
🔑 KAPASITAS OLI TRANSMISI
  • Type Oli                            : SAE 30 / THD 30
  • Capacity Specified           : 35 lt.
  • Capacity Refill                 : 25 lt.
  • Interval Penggantian Oli : 500 hm.





Komentar