Macam - macam Track Shoe dan Fungsinya

 Macam - macam Track Shoe Pada Alat Berat dan Fungsinya




Fungsi track shoe adalah merupakan bagian dari undercarriage yang berfungsi sebagai komponen yang berkontak langsung dengan permukaan tanah dan juga sebagai alas gerak pada crawler tractor. Track shoe merupakan pembagi berat unit ke permukaan tanah atau ground, sehingga pemilihan jenis dan bahan track shoe yang akan digunakan juga akan mempengaruhi kinerja dari mesin crawler tractor.



pengaplikasian track shoe yang kurang tepat dapat mengakibatkan kerja dari final drive terbebani. Hal itu akan menyebabkan terjadinya keausan yang berlebih dan mengurangi life time dari inner komponen pada final drive. Karena track shoe merupakan komponen utama dari undercarriage, maka diperlukan pemeriksaan secara berkala dari keausan dan kekencangan boltnya untuk menghindari track shoe lepas dari link saat unit beroperasi.


Berikut ini macam - macam type track shoe dan fungsinya :


1.    Type Single Grouser Shoe



Pada type ini umumnya di pakai pada bulldozer yang keperluan operasinya di darah tanah biasa, karena grouser yang dipakai cuma satu sehingga shoe dapat mencengkram tanah dengan kuat untuk meninimalkan unit agar tidak tergelincir pada saat beroperasi.


2. Type Triple Grouser Shoe



Pada type ini umumnya digunakan pada mesin excavator, drilling dan dozer shovel untuk keperluan beroperasi pada medan permukaan tanah yang keras. Hal itu bertujuan agar pergerakan mesin lebih lincah dan mengurangi gesekan berlebih pada grouser sehingga meminimalkan terjadinya keausan yang lebih cepat.


3. Type Rubber Pad

Pada pengaplikasiannya banyak dipakai apabila mesin crowler tracktor hendak dijalankan pada jalan  beraspal yang bertujuan agar mengurangi kerusakan pada permukaan jalan.

4. Type Swamp Shoe

Dipasang pada excavator untuk keperluan pada daerah yang berawa - rawa (berlumpur). Bentuk segitiga pada shoe ini adalah grousernya.



5. Type Snow Shoe

Dipasang untuk mesin yang beroperasi di daerah yang bersalju. Agar mesin dapat bergerak sehingga tidak slip ke samping maka shoe juga dilengkapi dengan STEP dan RIB. 



6. Type Flat Shoe

Digunakan untuk keperluan transportasi mesin alat berat, yang bertujuan agar tidak merusak jalan.


7. Type Rockbed Shoe


Umumnya di pakai pada bulldozer yang medan operasinya di daerah yang berbatu, tetapi bila dioperasikan pada daerah yang berpasir, maka tingkat keausannya akan lebih cepat. Pada type shoe ini di lengkapi dengan RIB yang berfungsi untuk mengurangi gesekan ke arah samping dan juga dilengkapi bolt guard untuk mengurangi kerusakan pada kepala bolt shoe.   


Komentar