Pengertian Daily Maintenance Pada Alat Berat

Daily Mantenance

Adalah pemeriksaan yang dilakukan pada mesin sebelum di operasikan. Hal ini bertujuan agar mengetahui kondisi mesin apakah layak dan aman untuk di operasikan. Alat bantu yang harus ada dalam melakukan daily mantenance atara lain :

1. Form Daily Check : Adalah form yang digunakan untuk mencatat hasil pemeriksaan pada mesin untuk opersi harian (digunakan oleh Operator).

2. Form Check Sheet : Adalah form yang digunakan untuk mencatat hasil pemeriksaan pada masing-masing komponen pada mesin baik berupa harian atau mingguan (digunakan oleh Mekanik).



Berikut hal yang harus diperhatikan pada proses pengecheckkan daily mantenance antara lain : 

Hour Meter 
Adalah jumlah jam operasi dari unit yang diperiksa.

Sistem Hydraulic 
 Memeriksa adanya kebocoran pada komponen hydraulic serta kondisi hose jangan sampai bergesekan.

Sistem Pendingin 
Memeriksa adanya kebocoran coolant pada radiator, baik hose, core serta water pump. dan pastikan level coolant pada recervoir tank aman.

Sistem Kelistrikan 
Memeriksa adanya kabel yang terkelupas dan rusak, kondisi komponen electrik serta kondisi batteray.

Sistem Fuel (Bahan bakar) 
Memeriksa adanya air yang mengendap pada tanki fuel dan water sparator bila ada maka buang air melalui valve drain. Check juga kondisi hose dan piping apa ada bergesekan atau retak.

✅ Sistem Pelumasan 
Lakukan pemeriksaan kebocoran dan level oli secara keseluruhan meliputi oli engine, oli transmisi, oli hydraulic, oli differential, oli final drive, oli PTO dll. lakukan juga greasing untuk point-point komponen critical pada bushing dan bearing. Pastikan Sistem Outolube berjalan normal.

Monitor Panel 
Memerisa kondisi lampu pada monitor panel apakah ada deviasi eror.


Attachement dan Under Carriage 
Lakukan pengecheckkan meliputi critical safety meliputi steering , lamp dan brake. pada under carriage check keausan roller dan track link apakah ada yang crack atau hilang pada bolt-boltnya. 

✅ Alat Keselamatan 
check kondisi Apar dan Fire System pada mesin masih pada pressure normal dan berfungsi dengan layak.

Komentar