Devinisi Isolasi dan Lockout Taqout (LOTO)

 DEVINISI ISOLASI DAN LOCKOUT TAGOUT (LOTO)

Pengetian Isolasi

Isolasi adalah suatu upaya mengamankan bahaya agar tidak mengakibatkan cidera pada orang dan lingkungan disekitarnya.


Pengertian Lockout

Logout adalah langkah untuk mengunci energi berbahaya yang telah diisolasi menggunakan peralatan khusus untuk penguncian pada sumber energi. 


Pengertian Taqout

Tagout adalah label informasi yang digunakan sebagai label peringatan bahaya dan menunjukkan bahwa tidak ada yang boleh mengoperasikan peralatan dimana tag tersebut dipasang.  


PERSYARATAN ISOLASI


1. Persyaratan isolasi dan lockout individu

Isolasi dan lockout individu dilaksanakan dalam situasi dan kondisi dimana pekerjaan melibatkan hanya satu orang yang melaksanakan pekerjaan.


2. Persyaratan isolasi dan lockout kelompok

Isolasi dan lockout kelompok dilaksanakan dalam situasi dan kondisi dimana pekerjaan melibatkan lebih dari satu orang yang melaksanakan pekerjaan.


TAG / LABEL


Pemasangan label diperuntukkan untuk menyediakan informasi tetapi tidak dapat melindungi personil secara langsung terhadap energi yang tidak terkendali, penguncian dan pelabelan harus di kombinasikan untuk memastikan bahwa tanda bahaya tersebut tidak terlepas atau berpindah tempat ketika personil akan melakukan pekerjaan perawatan, pemasangan, penyetelan dan perbaikkan pada suatu peralatan.


Tiga macam Tag / Label yang umum digunakan antara lain :

1. Personal Danger Tag


Adalah tag yang berfungsi memberikan informasi kepada personil bahwa orang yang tertulis pada personal danger taq tersebut sedang melakukan pekerjaan yang mewajibkan titik isolasi tetap terisolasi (dimana tag itu terpasang).

🚩Jenis Personal Danger Tag :

  • Permanen : diberikan kepada personal untuk digunakan berulang kali dalam kurun waktu lama.
  • Sementara : diberikan kepada seseorang untuk sementara biasa untuk visitor atau menunggu taq permanen dibuat.

 

2. Service Tag


Adalah label informasi yang digunakan untuk memberitahukan pada semua personil bahwa suatu alat atau mesin sedang dalam maintenance atau perbaikkan dan tidak boleh dioperasikan karena dapat mengakibatkan cidera pada orang atau menimbukkan kerusakan lebih lanjut pada alat atau instalasi tersebut.


3. Label Informasi

Adalah tag/ label yang digunakan untuk memberikan informasi bahwa alat bergerak yang rusak masih diperbolehkan dipindahkan dengan mesain hidup untuk perbaikkan lebih lanjut di tempat yang lebih aman.



🚩SUMBER ENERGI YANG HARUS DI ISOLASI



1. Energi Listrik

Adalah salah satu jenis energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik atau energi yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan ampere (A) dan tegangan listrik dengan satuan volt (V) dan kebutuhan komsumsi daya listrik dengan satuan watt (W) yang digunakan untuk menyalakan lampu, motor listrik, memanaskan, mendinginkan atau menggerakkan suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi lain.

Contoh : PLN, Panel surya, Stop kontak, sakelar, kabel dll.


2. Energi Thermal

Adalah energi yang dihasilkan ketika suatu benda mengalami kenaikkan atau penurunan suhu. Pada umumnya disebut sebagai energi panas.

Contoh : Pengelasan, pipa perminyakan, peleburan, nitrogen cair dll.


3. Energi Mekanikal 

Adalah sejumlah energi potensial dan energi kinetik pada suatu benda ketika melakukan suatu gerakan usaha seperti berputar, menekan, menarik, memukul dll. 

Contoh : peralatan yang berputar, roda gigi, turbine dll.


4. Energi Kimia

Adalah energi yang dihasikan oleh senyawa yang stabil akibat interaksi antara atom atau molekul yang berpotensi melukai manusia ataupun merusak lingkungan.

Contoh : air batterai, oli, zat korosif dan B3 lainnya. 


5. Energi Radiasi

Adalah energi yang dibawa oleh gelombang electromagnetik yang dapat disalurkan melalui sejumlah media. 

Contoh : cahaya ultraviolet, sinar gamma, gelombang radio, gelombang inframerah, sinar-X dan nuklir


Komentar